SPF semakin tinggi MENJAMIN NGGAK HITAM benar kah?

Diposting oleh Anthony Wu pada

Sunblock yang ada di pasaran memang beraneka ragam, dari SPF15, SPF30 dan SPF50, nah sebetulnya apa sih bedanya ? Terus mana yang paling bagus untuk kulit kita?

Pertama kita harus tahu dulu apa SPF, SPF adalah kepanjangan dari Sun Protection Factor yaitu ukuran perlindungan yang ditawarkan oleh produk sunblock dari sinar matahari. Standar yang saat ini jadi tulak ukur adalah serangan sinar UV. SPF itu sendiri memiliki 2 makna yaitu (1) Tingkat Efisiensi Sunblock (2) Tingkat ketahanan (waktu)

Sunblock Dr.Hsieh SPF50 cara menghitung kemampuan Sunblock

Bingung cara menghitungnya ? Nggak usah khatawir, ini tabel untuk SPF15, SPF30 dan SPF50

Sunblock Dr.Hsieh SPF50

Lama waktu ketahanan adalah dengan asumsi bahwa kulit kita tanpa menggunakan sunblock akan terbakar oleh sinar matahari setelah 10 menit, dan apabila menggunakan SPF50 (Sunblock SPF50 ada disini) akan lebih lama 50 kali lipat, yaitu kulit akan terbakar oleh sinar matahari setelah berjemur 500 jam. PENTING! SPF yang makin tinggi, hanya menandakan lama waktu kulit baru akan terbakar oleh matahari, tapi tidak dapat menjamin 100% kulit tidak jadi hitam. Apabila kita ingin kulit dapat terlindungi dengan maksimal, selain SPF harus juga memperhatikan 2 hal : (1) Jumlah yang dioleskan cukup atau tidak, (2) Harus mengoleskan ulang, apalagi kalau kita beraktivitas di luar ruangan, karena sunblock akan luntur oleh keringat, jadi harus kita patuhi 2 kebiasaan tersebut.

Angka pada SPF hanya bisa dijadikan sebagai referensi saja, bukan berarti SPF semakin tinggi pasti makin bagus, kita harus memperhatikan jenis kulit kita, warna kulit kita, reaksi kulit kita terhadap sinar matahari, aktivitas kita dengan memilih SPF yang tepat untuk melindungi kulit kita.

Oh iya, satu lagi juga yang tidak kalah penting, di Taiwan untuk produk sunblock yang SPF diatas 50 juga boleh tertera dengan tanda SPF50+ atau SPF50 plus.

Sebetulnya sunblock itu bukan hanya sekedar untuk memutihkan kulit tapi yang paling penting adalah melindungi kulit kita dari serangan sinar UV yang amat berbahaya bagi kulit kita, seperti kulit panas terbakar, penuaan dan yang paling kita khawatirkan adalah kanker kulit (baca juga : Sinar Matahari Jahat Bisa Sampe Bahaya Kanker Kulit). Oleh karena itu saya sangat menghimbau kita semua selain keluar ruangan harus menggunakan sunblock juga gunakanlah payung, topi atau pakaian lengan panjang sehingga kulit kita tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

0 komentar

Tulis komentar