MELASMA! Gimana dong?

Diposting oleh Anthony Wu pada

Anda mungkin pernah mendengar berbagai macam jenis masalah kulit dan salah satu yang paling sering saya temukan adalah Melasma salah satunya. 

Melasma adalah kondisi bercak berwarna coklat hingga abu-coklat pada wajah dan sangat berhubungan erat dengan hormon tubuh, kebanyakan timbul pada 2 bagian pipi wajah, bentuknya seperti sayap kupu-kupu. Kaum wanita lebih mudah mengalami hal ini daripada pria, terutama ibu yang sedang mengandung, hal ini disebabkan karena perubahan hormon karena kehamilan. Dalam beberapa kasus, melasma ini akan pudar perlahan setelah melahirkan, namun kebanyakan melasma tidak dapat bersih total. Terutama pada apabila terjadi gangguan sekresi hormon karena tekanan pasca melahirkan, melasma pada wajah akan semakin sulit pudar. 

Tapi sebetulnya, penyebab lain dari Melasma masih ada lagi yang lain, karena selain perubahan hormon juga ada berhubungan erat dengan pancaran Sinar UV dan kondisi tubuh seseorang, apalagi stress, pengaruh obat, semua ini juga menjadi penyebab masalah melasma.

 

Lalu apakah ada cara untuk menyembuhkan melasma?

Melasma adalah bercak yang berada di lapisan dermis, apabila bergantung 100% dengan produk perawatan wajah, hasilnya akan sangat terbatas, sehingga apabila ingin lebih efisien, dapat menggunakan cara laser, didukung dengan produk skincare di rumah, tentu harus mengandung pencerah. Seperti skincare yang berbahan Vitamin C, Asam ursolat, Tranexamic Acid, Chamomile dll, bahan-bahan tersebut adalah yang sudah lolos pemeriksaan kesehatan negara dan memilih hasil untuk menekan pertumbuhan melanin dan memudarkannya.

Karena, Melasma sangat berkaitan erat dengan perubahan hormon maka hanya bergantung dengan laser kadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Karena melasma akan bisa muncul kembali seketika hormon seseorang mengalami gangguan, walau Anda sudah menggunakan sunblock/sunscreen, kemungkinan kambuh lagi akan tetap ada, sehingga perawatan jangka panjang itu sudah pasti harus dilakukan terus.

Di akhir kata, lebih baik mencegah dari pada mengobati, maka ada 2 hal yang dapat kita lakukan bersama 

  1. Jagalah diri baik-baik dengan mengontrol stress atau terlalu letih, karena hal ini dapat mengganggu hormon manusia.
  2. Sunblock harus dilakukan dengan rajin.

Skincare yang bisa Anda persiapkan setiap saat 

  1. Sunblock SPF50 
  2. Gel Flek/Topical Botanical Whitening Gel

0 komentar

Tulis komentar