Apakah dalam ruangan perlu pake Sunblock ? Tenang asal kamu….

Diposting oleh Anthony Wu pada

#JamanNow, guna menghindari bahaya sinar UV, Apakah setiap kali keluar rumah pasti mengoleskan sunblock ? Maybe yes maybe no, tapi kalau dalam ruangan ? Apa ? Dalam ruangan perlu pake Sunblock ? Yang bener nih ! 

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, kita bicara dulu soal si pelaku kulit jadi hitam, yaitu “Sinar Ultraviolet”. Sunblock seperti yang kita ketahui adalah berfungsi untuk mencegah agar UV dari sinar matahari itu tidak merusak kulit. Di artikel sebelumnya juga sudah kita bahas, ada beberapa jenis sinar UV yang tergantung dari panjang/pendek gelombangnya dan tidak kasat mata. Pada umumnya yang sering kita dengar adalah UVA dan UVB. 

 Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kulit

Ada sekitar 5% UVB dari sinar matahari yang menyentuh permukaan bumi, sedangkan 95% UVA-nya akan bisa sampai ke kulit bumi dan apabila kita terus berjemur tanpa menggunakan pelindung yang tepat maka akan menyebabkan kerusakan kulit.

Jarak aman supaya tidak flek karena sinar uva ruangan

Oleh karena itu, tidak heran kalau setiap produk yang dihasilkan itu adalah melindungi kulit dari gelombang UVA dan UVB. UVB memiliki keunikan yaitu gelombangnya panjang, sangat kuat dan kemampuan penetrasinya lemah, sehingga hanya berada di permukaan kulit ari saja, namun apabila terus berjemur maka kulit kita akan menjadi merah dan terbakar. Sedangkan UVA yang memiliki gelombang pendek, kekuatannya lemah namun penetrasinya kuat sehingga sangat mudah menembus hingga epidermis dan dermis. Menyebabkan kulit menjadi sensitiv, pigmentasi, peradangan dan penuaan.

UVA UVB

Berdasarkan laporan dari American Cancer Society, kaca-kaca hanya bisa menahan UVB, tidak bisa menahan UVA. Nah apabila kita memiliki kaca untuk menahan UVA, apakah bisa ? Untuk kaca pada umumnya penetrasi 60%. Kaca gelap penetrasi 30% bahkan Kaca es, penetrasi sekitar 20%. Dari hasil penelitian tersebut dapat kita simpulkan, dimana saja kita berada sinar UVA yang tidak kasat mata ini tetap saja bisa menyebabkan kulit kita menjadi hitam, sehingga apabila Kamu berada di dalam ruangan yang terkena sinar matahari tetap disarankan menggunakan sunblock untuk mencegah ancaman dari sinar UV.

Penetrasi Gelas

Nah, sedangkan lampu ruangan gimana ? Apakah bisa membuat kulit kita jadi hitam ? Sekarang kita lihat urutan jenis lampu berdasarkan tinggi rendahnya UV :

Lampu ruangan

Jaman sekarang, kebanyakan lampu dalam ruangan sudah tergantikan oleh lampu LED, bahkan di tempat-tempat yang membutuhkan penerangan yang lebih tinggi dengan menggunakan lampu Halogen-pun sudah tergantikan oleh LED. Walau lampu LED itu tidak akan menghasilkan Ultraviolet atau bahkan hanya sedikit sekali. Tapi apabila kamu masih khawatir, pastikan saja jarak dengan lampu itu diatas 30 cm.

Jagalah jarak dengan lampu supaya tidak menjadi hitam atau timbul flek di kulit wajah

Sehingga yang paling penting adalah tetap menjaga agar kulit kita terlindungi oleh sunblock pada saat kita beraktivitas di luar ruangan ! Sinar UV itu tidak terlihat oleh mata telanjang, namun keberadaanya ada dimana-mana. Sehingga biasakan mengoleskan sunblock dimana dan kapan saja karena bisa melindungi kulit dari ancaman UV juga menjaga agar kulit kita tidak terkena polusi serta menjaga kelembaban kulit kita.

0 komentar

Tulis komentar