2 hal penting untuk selesaikan Pori-pori kasar!

Diposting oleh Anthony Wu pada

Pori-pori besar itu adalah masalah kebanyakan orang sehingga berbagai cara dilakukan untuk menutup “penampakan si pori besar” mulai dengan produk makeup hingga filter kamera juga dipake. Nah sebetulnya apa sih penyebab dari pori-pori menjadi kasar, yuk kita simak 2 penyebab munculnya masalah pori-pori kasar :

  1. Sebum dari kelenjar minyak yang berlebihan

Berdasarkan data statistik di Skin Care Research Dr.Hsieh, jenis kulit kebanyakan orang Taiwan adalah jenis kombinasi kemudian disusul dengan jenis kulit berminyak. (Jika kamu ingin mengetahui jenis kulit anda, bisa cek di artikel ini : 1 detik untuk ketahui jenis kulit kamu

Kulit kombinasi dan berminyak  

Untuk jenis kulit kombinasi dan berminyak memiliki kesamaan yaitu sebum dari kelenjar minyak terlalu aktif sehingga ketika pori dan folikel rambut tersumbat oleh kulit mati yang belum terlepas/menumpuk terlalu lama maka terjadilah penyumbatan, oleh karena sebum ini tidak dapat keluar dari kulit sehingga terbentuklah komedo. Ketika komedo terus menumpuk dibawah kulit, maka yang terjadi berikutnya adalah pori-pori wajah akan dipaksa membesar dan tidak bisa mengecil lagi, sedangkan kebanyakan kelenjar minyak tubuh manusia berada di bagian kulit wajah dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya! Itulah mengapa pori-pori pada bagian wajah lebih terlihat dengan jelas daripada permukaan kulit lainnya, oleh karena itu untuk menjaga agar regenerasi kulit mati di wajah dapat bekerja dengan baik (angka rata-rata adalah 28 hari, namun semakin bertambahnya usia, maka akan semakin panjang) maka bisa kita lakukan dengan menggunakan produk skincare untuk melepaskan kulit mati itu agar tidak terjadi penumpukan.

Pori-pori yang membesar dan kasar  

  1. Penuaan kulit

Penyebab kedua dari besarnya pori-pori kita adalah “Penuaan kulit” karena pori-pori kehilangan kemampuan bertahan. Pori-pori yang sehat itu bergantung pada kolagen dan jaringan keratin. Ketika usia manusia memasuki 25 tahun, jumlah kolagen dalam tubuh akan mengalami penurunan, sehingga mulai terjadi pengerutan hingga kulit mulai kehilangan fungsi elastisnya, kemudian menyebabkan pori-pori kulit mulai terlihat membesar.
penyebab Penuaan kulit adalah sinar uvWalau demikian, sebetulnya angka usia 25 itu kurang begitu tepat lagi, karena kondisi polusi zaman sekarang terus memburuk dan belum lagi ditambah kalau kita tidak melakukan perawatan dengan telaten, maka penuaan dini bisa akan lebih awal! Walau artikel ini menjelaskan untuk jenis kulit kombinasi dan berminyak, bukan berarti yang kulit normal dan kering tidak memiliki masalah pori-pori kasar, jadi tetap di sarankan agar kamu membiasakan perawatan wajah sejak dini.

Semoga bermanfaat.

Artikel lain

Cara agar flek tidak datang dan pudar

Kenali bahan pemutih kulit!

0 komentar

Tulis komentar