Cara memilih sunblock yang tepat untuk kulit kamu

Diposting oleh Anthony Wu pada

Di artikel sebelumnya, telah kita bahas mengenai bahaya Sinar Ultraviolet terhadap kulit (klik disini) karena dapat menyebabkan kulit menjadi hitam, kusam, penuaan dini seperti keriput halus, kerut dan kulit mengendur. Karena kita sudah menyadari penuh pentingnya sunblock, maka disini saya akan menjelaskan beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh kita saat membeli produk sunblock :

Hal pertama yang harus kita perhatikan apakah diatas kemasan produk tertera dengan jelas 3 keterangan yang paling utama yakni SPF (Menahan UVB), PA/PFA/PPD (Menahan UVA) dan Critical Wavelength (Luas spektrum produk) Mari kita simak satu per satu :

1. SPF(Sun Protection Factor)adalah standar ukuran perlindungan yang diberikan kepada kulit dari paparan sinar UVB. Formulanya adalah (SPF-1)/SPF100%. 

Contoh : Produk Sunscreen SPF 50. 

(50-1)/50X100%=98% artinya, produk ini dapat melindungi 98% dari paparan sinar UVB. (Nah kamu bisa coba menghitung produk sunscreen kamu)

Selain itu, SPF juga memiliki makna lain yaitu lama waktu paparan, misalnya saat kulit kita tanpa olesan produk sunscreen/sunblock akan menjadi merah saat berjemur lebih dari 10 menit, apabila menggunakan produk SPF 50 artinya adalah 50 kali lipat dari 10 menit. Jadi dalam kondisi tertentu (akan ada penjelasan dibawah) produk itu dapat menahan sinar UVB selama 500 menit atau sekitar 8 jam. Sehingga SPF semakin tinggi maka faktor pelindungnya juga akan semakin panjang.

SPF untuk sunblock

2. PA or PFA (Protection Factor of UVA):Standar kemampuan menahan kerusakan kulit karena sinar UVA. Indikator PA ini diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan Jepang, sebuah hasil tes terhadap kemampuan sebuah produk menahan sinar UVA. Terbagi menjadi 3 level yakni :

(1) PA+ 或 PFA2-4:Mampu mencegah kulit menjadi hitam 2~4 kali lipat

(2) PA++ 或 PFA4-8:Mampu mencegah kulit menjadi hitam 4~8 kali lipat

(3) PA+++ 或 PFA>8:Mampu mencegah kulit menjadi hitam lebih dari 8 kali lipat

PA atau PFA untuk sunblock

3. Critical wavelength (CW)

Indikator yang bermula di Amerika, sekarang sudah diakui dan menjadi standar di Eropa dan banyak negara. CW adalah test kemampuan yang dilakukan terhadap produk sunscreen apakah dapat menangkal 90% gelombang panjang sinar UV. Apabila angka dari hasil test-nya semakin tinggi maka semakin baik, saat ini standar yang digunakan adalah 370nm baru boleh menggunakan penamaan produk sunblock, dan tentu produk semacam ini baru bisa melindungi kulit sepenuhnya dari bahaya ancaman sinar UVA1.

Critical Wavelength

Critival Wavelength table

Tentu, dari 3 indikator itu ada kondisi tertentu, yaitu kulit kita tidak berkeringat, baru fungsi sunblock bisa maksimal! Sehingga biasakan mengaplikasikan ulang sunblock setiap saat.

0 komentar

Tulis komentar